Selector Class dalam CSS

Adalah selector yang memilih semua tag yang mempunyai nilai yang sesuai dalam attribut class.

Pembuatan Class dalam CSS

Syntax:

.namaClass{ kode css }

Keterangan:

Selector class dimulai dengan tanda titik

Pembuatan kode dalam HTML

Contoh:

Buatlah sebuah file HTML bernama class.html dan masukkan kode berikut ini:

<head>

<style>

.biru{ color:blue }

.miring { font-style:italic }

</style>

</head>

<body>

<b>Bola.net</b> - Pelatih <b>Bayern Munchen</b>, <b class="biru">Josep Guardiola</b> mengakui bahwa keluarnya <b class="biru">Alvaro Morata</b> untuk digantikan <b class="biru">Mario Mandzukic</b> justru telah membantu timnya untuk bangkit dan memenangkan pertandingan.

<p class="miring">Ya, pada laga tersebut Alvaro Morata memang mampu memberikan kesulitan besar pada pertahanan tuan rumah. Aksi demi aksinya terus meneror pertahanan Bayern, termasuk satu assist yang ia berikan pada Juan Cuadrado setelah melakukan solo run luar biasa.</p>

Sayang, penampilan Morata itu harus selesai setelah ia ditarik keluar oleh pelatih Massimiliano Allegri di pertengahan babak kedua dan menggantikannya dengan Mario Mandzukic.

<p class="miring">

Dan dikatakan Guardiola, pergantian pemain dari Morata ke Mandzukic itu justru menguntungkan timnya karena Mandzukic bukan sosok pemain yang berbahaya saat di luar kotak penalti seperti halnya Morata.</p>

"Lebih sulit bagi kami untuk menghadapi Morata, tapi saat Mandzukic masuk, kami mampu mengendalikannya dengan lebih baik. Mandzukic berbahaya saat di kotak penalti, tapi saat di  luar kotak, dia tak begitu," tandasnya.

</body>

Keterangan:

  • .biru{ color:blue }>, kode ini berarti semua tag b yang mempunyai class="biru" yaitu <b class="biru"> maka semua tulisan didalamnya akan berwarna biru.
  • .miring { font-style:italic }, kode ini berarti semua tag yang mempunyai class="miring" yaitu <p class="miring"> maka semua tulisan didalamnya akan miring ke kanan.

Hasil:

Klik 2x nama file HTML-mu maka pada browser akan menampilkan hasil seperti berikut ini:

Bola.net - Pelatih Bayern Munchen, Josep Guardiola mengakui bahwa keluarnya Alvaro Morata untuk digantikan Mario Mandzukic justru telah membantu timnya untuk bangkit dan memenangkan pertandingan.

Ya, pada laga tersebut Alvaro Morata memang mampu memberikan kesulitan besar pada pertahanan tuan rumah. Aksi demi aksinya terus meneror pertahanan Bayern, termasuk satu assist yang ia berikan pada Juan Cuadrado setelah melakukan solo run luar biasa.

Sayang, penampilan Morata itu harus selesai setelah ia ditarik keluar oleh pelatih Massimiliano Allegri di pertengahan babak kedua dan menggantikannya dengan Mario Mandzukic.

Dan dikatakan Guardiola, pergantian pemain dari Morata ke Mandzukic itu justru menguntungkan timnya karena Mandzukic bukan sosok pemain yang berbahaya saat di luar kotak penalti seperti halnya Morata.

"Lebih sulit bagi kami untuk menghadapi Morata, tapi saat Mandzukic masuk, kami mampu mengendalikannya dengan lebih baik. Mandzukic berbahaya saat di kotak penalti, tapi saat di luar kotak, dia tak begitu," tandasnya.
2016 © Fahmi Basya Kartapura